Dalam pelaksanaan SPMI (Sistem
Penjamin Mutu Internal) dilaksanakan oleh tim penjamin mutu di madrasah, adapun
tugas Tim penjamin mutu tersebut adalah
sebagai berikut :
1.
Sekolah
a.
Merencanakan,
Melaksanakan, mengendalikan dan mengembangkan SPMI
b.
Menyusun
dokumentasi SPMI
c.
Menuangkan
segala macam beban anggaran dalam RAPBM
d.
Melaksanakan
pemenuhan mutu, baik dalam satuan pendiidikan maupun dalam system pembelajaran
e.
Menetapkan
standar mutu dan menyusun strategi peningkatan mutu melalui monitoring dan evaluasi
f.
Menetapkan
tim penjamin mutu dalam satuan pendidikan
g.
Mengelola
mutu pendidikan dalam satuan pendidikan
2.
Tim
Penjamin mutu pendidikan dalam satuan pendidikan
a.
Mengkordinasikan
pelaksanaan penjamin mutu di tingkat satuan pendiidkan
b.
Melakukan
pembinaan, pembimbingan dan pendampingan dan survey terhadap pelaku pendidikan di satuan pendidikan dalam penjaminan mutu
pendidikan
c.
Melaksanakan
pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data mutu pendidikan di satuan pendidikan
d.
Melakukan
monitoring dan evaluasi dalam pelksanaan pemenuhan mutu yang dilaksanakan
e.
Memberi
rekomendasi strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi
3.
Pimpinan
satuan pendidikan
Peran pimpinan
satuan pendidian memegang peran sentral sebagai penanggung jawab dalam
pelaksanaan pemenuhan mutu penjamin , memberi kebijakan dalam pemenuhan mutu
yang mengarah pada peningkatan.
4.
Pendidik
Dalam tim
penjamin mutu pendidikan, pendidik berperan sebagai pelaksana dalam peningkatan
mutu penjamin satuan pendidikan, satu sama lain berkordinasi dalam pelaksanaan.
Berikut ini
contoh kegiatan penjamin mutu oleh pendidik
1.
Kegiatan
Penetapan Standar
|
No |
Aktivitas |
Hasil |
|
1 |
Mengkaji SKL |
Pemahaman
Indikator SKL |
|
2 |
Mengkaji standar
isi |
Pemahaman
Indikator Mengkaji standar isi |
|
3 |
Mengkaji
Standar proses |
Pemahaman
Indikator Mengkaji Standar proses |
|
4 |
Mengkaji
standar Penilaian |
Pemahaman
Indikator Mengkaji standar Penilaian |
|
5 |
Menyusun
Learning Continuum |
Pemahaman
Indikator Kompetensi |
2.
Kegiatan
Pemetaan Mutu
|
No |
Aktivitas |
Hasil |
|
1 |
Melakukan
Assesmen awaal pda siswa |
Nilai Awal
siswa |
|
2 |
Menetapkan kemampuan
awal pada siswa |
Deskripsi
tingkat kemampuan awal siswa |
|
3 |
Mengidentifikasi
daya dukung madrasah |
Peta fasilitas
pendidikan sekolah |
3.
Kegiatan
Perencanaan
|
No |
Aktivitas |
Hasil |
|
1 |
Menyusun
silabus |
Dokumen |
|
2 |
Menyusun RPP |
Dokumen |
|
3 |
Menyusun LKPD |
Dokumen |
|
4 |
Menyusun instrument
Penilaian |
Dokumen |
|
5 |
Mempersiapkan
bahan ajar dan media |
Dokumen |
|
6 |
Mengkaji
fisibilitas dan kualitas rencana |
Dokumen |
4.
Kegiatan
Evaluasi
|
No |
Aktivitas |
Hasil |
|
1 |
Pengisian instrument
EDS |
Deskripsi
kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran siswa |
|
2 |
Pengisisan Instrumen
evaluasi oleh siswa |
Deskripsi kualitas pembelajaran |
|
3 |
Mengevaluasi
hasil belajar siswa |
Rekomendasi perbaikan menyeluruh |
silahkan DONLOAD DISINI

Tidak ada komentar:
Posting Komentar